fbpx
Kursus Bahasa Inggris No.1 di Indonesia
Home » Blog » Materi Bahasa Inggris Untuk Pemula

Materi Bahasa Inggris Untuk Pemula

Pengertian Materi bahasa Inggris

Materi bahasa Inggris mengacu pada banyak hal yang berbeda akan tetapi memiliki tujuan utama yang sama yaitu mengajarkan atau meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Pada pembahasan kali ini, Materi bahasa Inggris yang dimaksud adalah materi yang disesuaikan dengan Common European Framework of Reference for Languages (CEFR) yang menjadi kurikulum pembelajaran yang bertujuan memenuhi berbagai macam kebutuhan non-penutur asli untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mereka.

Tujuan Materi Bahasa Inggris

Panduan pembelajaran yang lengkap ini memberikan cara standar untuk mengimplementasikan metode pengajaran sekaligus mengukur kemampuan bahasa Inggris dengan membagi pola pembelajaran menjadi enam tingkatan: A1 dan A2 untuk pemula, B1 dan B2 untuk pelajar tingkat menengah, dan C1 dan C2 untuk penutur yang mahir.

Berikut ini beberapa uraian singkat tentang materi bahasa Inggris disertai dengan contoh metode yang diterapkan pada setiap levelnya;

1. Level A1 : Pemula

Fokus pada penggunaan kosakata dasar/sederhana dan tata bahasa Inggris yang biasa digunakan pada kehidupan sehari-hari. Misalnya; salam sederhana, frasa/ungkapan sehari-hari, dan ekspresi populer. Level A1 memiliki target untuk membangun pondasi yang baik agar bisa berbahasa Inggris dengan lancar serta bisa langsung diterapkan pada praktik seperti berbicara, membaca, menulis, dan mendengarkan adalah bagian besar dari kurikulum.

2. Level A2 : Pemula

Ketika non-penutur asli berhasil mencapai ke level A2, mereka meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka lebih jauh lagi dengan mempelajari kata-kata baru dan memperbaiki tulisan mereka. Pada tingkat ini, mereka harus mampu untuk menyusun kalimat, mengajukan pertanyaan, dan melakukan percakapan sederhana tentang hal-hal sehari-hari. Bagi mereka yang berada di level A2, pelajarannya mencakup aktivitas yang lebih rinci seperti permainan peran pada simulasi tentang situasi atau peristiwa yang biasa terjadi di kehidupan nyata dengan meniru bagaimana seharusnya bahasa Inggris digunakan.

Baca Juga:  Bisa Bahasa Inggris Karena ‘Terpaksa’

3. Level B1 : Tingkat Menengah

Ketika mencapai level B1, berarti telah melanjutkan ke tahap menengah di mana setiap individu di level ini dapat berbicara dan menulis bahasa Inggris dengan lebih mudah dan benar. Pada tingkat ini, tujuan dari pembelajaran adalah mengembangkan keterampilan bahasa yang berguna sekaligus dapat diaplikasikan dalam pekerjaan, perjalanan, dan situasi sosial. Materi terstruktur untuk siswa B1 dapat mencakup bacaan, petunjuk menulis, dan latihan mendengarkan untuk membantu mereka memahami dengan lebih baik dan berbicara dengan orang lain dengan lebih baik.

4. Level B2: Tingkat Menengah

Pada saat berhasil mencapai tingkat B2, maka wajib memiliki tingkat kemahiran bahasa Inggris yang lebih baik dan dapat berkomunikasi lebih cakap secara lisan maupun tertulis. Seseorang yang telah masuk di tingkat ini, bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan membaca teks, memberikan pendapat, dan mengambil bagian dalam diskusi tentang berbagai subjek. Materi yang digunakan untuk mengajar B2 dimaksudkan untuk mendorong dan memotivasi sekaligus menstimulasi pemikiran kritis serta kreativitas.

Kelas Private Grammar Online Super Exclusive

5. Level C1 : Tingkat Mahir

Masuk di level C1, itu mendeskripsikan bahwa kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki hampir sama baiknya dengan penutur asli sehingga dapat dengan percaya diri mengambil bagian dalam pembicaraan, debat, dan presentasi yang rumit. Untuk anak-anak C1, kurikulum berfokus pada peningkatan kemampuan bahasa mereka sehingga mereka dapat berbicara, menulis, dan memahami budaya lain. Pada tingkat ini, materi terstruktur dapat mencakup bacaan nyata, proyek menulis, dan tugas berbicara yang membantu meningkatkan keterampilan komunikasi tingkat lanjut.

6. Level C2 : Tingkat Mahir

Terakhir, level C2 adalah kemampuan bahasa Inggris terbaik, hampir sama dengan berbicara bahasa Inggris sebagai penutur asli. Seseorang pada level ini memiliki pemahaman yang mendalam tentang bahasa Inggris dan dapat menggunakannya untuk menjelaskan diri mereka sendiri bahkan topik-topik yang mereka pahami dengan jelas dan meyakinkan dalam berbagai situasi. Untuk peserta didik yang telah berada di level C2, berfokus pada peningkatan kehalusan bahasa, elemen gaya bahasa, dan strategi retorika melalui berbagai materi yang mendorong dan mendorong penguasaan.

Baca Juga:  Pengertian Kelas Online atau Kursus Online Bahasa Inggris dan Bagaimana Metode Belajarnya?

Sebagai kesimpulan, materi pembelajaran bahasa Inggris terstruktur dan kurikulum yang dirancang untuk non-penutur asli berdasarkan CEFR menawarkan cara metodis untuk mempelajari bahasa Inggris, membimbing seseorang melalui berbagai tingkat kemahiran dan memberikan materi yang aplikatif untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.

bahasa Inggris

#SemuaBisaBahasaInggris

×

Keranjang belanja

Tidak ada Item di Pilihan Kelas.

Yuk, Pilih Kelas
bahasa resmi di banyak negara dan menjadi bahasa internasional untuk komunikasi di bidang bisnis, pendidikan, teknologi, dan media.

bahasainggris.net

Selamat datang di bahasainggris.net. Kami siap bikin kamu CAS-CIS-CUS bahasa Inggris

Selamat datang, ada yang bisa Saya bantu

Kolom Pesanan