fbpx
Kursus Bahasa Inggris No.1 di Indonesia
Home » Blog » Apa itu Verb?

Apa itu Verb?

Verb atau kata kerja adalah kata yang digunakan untuk menyatakan aksi, keadaan, atau kejadian dalam sebuah kalimat. Verb dapat digunakan untuk menggambarkan apa yang dilakukan subjek dalam sebuah kalimat, atau untuk menyatakan keadaan subjek. Verb sering kali dianggap sebagai inti dari sebuah kalimat karena tanpa Verb, sebuah kalimat tidak akan memiliki arti yang jelas.

Pengertian Verb dengan Contoh Kalimat Bahasa Inggris dan Terjemahannya

Verb atau kata kerja adalah kata yang digunakan untuk menyatakan aksi, keadaan, atau kejadian dalam sebuah kalimat. Verb dapat digunakan untuk menggambarkan apa yang dilakukan subjek dalam sebuah kalimat, atau untuk menyatakan keadaan subjek. Verb sering kali dianggap sebagai inti dari sebuah kalimat karena tanpa Verb, sebuah kalimat tidak akan memiliki arti yang jelas. berikut ini beberapa jenis Verb dalam bahasa Inggris, antara lain:

  1. Action Verb

Kata kerja yang menggambarkan suatu tindakan yang dilakukan oleh subjek dalam kalimat. Contoh: walk, eat, run, swim, write, sing, dan sebagainya.

  1. Linking Verb

Kata kerja yang menghubungkan subjek dengan kata sifat atau kata benda yang menggambarkan subjek tersebut. Linking Verb tidak menggambarkan tindakan, melainkan hanya menunjukkan hubungan antara subjek dan objek

Contoh: be (is, am, are), seem, become, appear, feel, dan sebagainya.

  1. Modal Verb

Kata kerja yang digunakan untuk mengekspresikan kemampuan, kemungkinan, atau izin dalam melakukan suatu tindakan. Modal Verb selalu diikuti oleh bentuk base Verb (infinitive tanpa to).

Contoh: can, could, will, would, may, might, must, dan should.

Verb juga dapat digunakan dalam berbagai bentuk lain, seperti bentuk infinitive, Gerund, dan Participle

  1. Infinitive Verb

Infinitive Verb  merupakan bentuk dasar dari sebuah kata kerja dalam bahasa Inggris. Bentuk ini biasanya terdiri dari kata kerja dasar (tanpa akhiran -ed atau -ing) dan kata to di depannya. Contoh Infinitive Verb antara lain to walk, to talk, to eat, to study, to learn, dan sebagainya.

Baca Juga:  Materi Bahasa Inggris Untuk Pemula

Infinitive Verbsering digunakan sebagai objek dari sebuah kata kerja atau sebagai subjek dari sebuah kalimat. Dalam beberapa kasus, Infinitive Verb juga digunakan sebagai kata kerja utama dalam sebuah kalimat, baik dalam bentuk tunggal maupun gabungan dengan kata kerja Bantu atau Modal.

Contoh penggunaan Infinitive Verb dalam kalimat:

  • She wants to learn French. (Dia ingin belajar bahasa Prancis)
  • He likes to play guitar. (Dia suka bermain gitar)
  • My goal is to travel the world. (Tujuanku adalah untuk menjelajahi dunia)
  • They decided to stay home. (Mereka memutuskan untuk tinggal di rumah)
  • To be or not to be, that is the question. (Untuk hidup atau mati, itulah pertanyaannya)

Infinitive Verb tidak menunjukkan waktu atau aspek. Oleh karena itu, Infinitive Verb sering digunakan untuk menunjukkan tujuan atau maksud dalam sebuah kalimat. Karena bentuk ini tidak memiliki waktu, Infinitive Verb juga dapat digunakan dalam konteks apapun, baik masa lampau, sekarang, atau masa depan.

  1. Gerund

Gerund adalah bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris yang diakhiri dengan akhiran “-ing“. dan berfungsi sebagai kata benda. Namun, Gerund masih mempertahankan sifat kata kerja, seperti dapat menerima objek atau diikuti oleh Adverb. Contoh penggunaan Gerund dalam kalimat:

  • Swimming is good for your health. (Berenang baik untuk kesehatanmu) (Gerund sebagai subjek)
  • I love reading books. (Aku suka membaca buku) (Gerund sebagai objek)
  • She is interested in learning new languages. (Dia tertarik untuk belajar bahasa baru) (Gerund sebagai objek dari preposisi)
  • He enjoys playing soccer on the weekends. (Dia menikmati bermain sepak bola di akhir pekan) (Gerund sebagai objek)

Dalam bahasa Inggris, Gerund juga dapat digunakan sebagai kata sifat atau kata keterangan dalam sebuah kalimat. Gerund sebagai kata sifat berfungsi untuk menggambarkan sifat atau karakteristik suatu objek, sedangkan Gerund sebagai kata keterangan berfungsi untuk menggambarkan cara atau cara melakukan sesuatu.

Baca Juga:  Belajar Bahasa Inggris Jurus Nekad

Contoh penggunaan Gerund sebagai kata sifat:

  • The crying baby needs to be fed. (Bayi yang menangis perlu diberi makan) (Gerund sebagai kata sifat untuk menggambarkan bayi)
  • He gave me a running shoe. (Dia memberiku sepatu lari) (Gerund sebagai kata sifat untuk menggambarkan sepatu)

Contoh penggunaan Gerund sebagai kata keterangan:

  • She writes by typing on a computer. (Dia menulis dengan mengetik di komputer) (Gerund sebagai kata keterangan untuk menggambarkan cara menulis)
  • He broke his arm while skateboarding. (Dia patah tangan saat bermain skateboard) (Gerund sebagai kata keterangan untuk menggambarkan cara kecelakaan terjadi)
  1. Participle Verb

Participle Verb adalah bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris yang dapat berfungsi sebagai kata sifat atau bagian dari kata kerja gabungan (Verb phrase). Participle terdiri dari dua jenis, yaitu Present Participle dan Past Participle.

Present Participle dibentuk dengan menambahkan akhiran -ing pada kata kerja, sedangkan Past Participle dibentuk dengan menambahkan akhiran -ed (untuk Regular Verb) atau dengan bentuk lain (untuk irRegular Verb).

Contoh Present Participle:

  • The running water sounded peaceful. (Air yang mengalir terdengar tenang) (Participle sebagai kata sifat)
  • She is currently studying at a university. (Dia saat ini sedang belajar di universitas) (Participle sebagai bagian dari kata kerja gabungan)

Contoh Past Participle:

  • I have finished my homework. (Aku sudah menyelesaikan pekerjaanku) (Participle sebagai bagian dari kata kerja gabungan)
  • The broken glass needs to be cleaned up. (Kaca yang pecah perlu dibersihkan) (Participle sebagai kata sifat)

Participle juga dapat digunakan dalam kalimat sebagai bagian dari kata kerja gabungan (Verb phrase) seperti Present perfect, Past perfect, dan passive voice.

Baca Juga:  Penjelasan Action verb dengan Contoh Kalimat Bahasa Inggris dan Terjemahannya

Contoh penggunaan Participle dalam kalimat:

  • I have been studying English for six months. (Aku telah belajar bahasa Inggris selama enam bulan) (Participle sebagai bagian dari kata kerja gabungan dalam Present perfect)
  • She had already eaten breakfast before I arrived. (Dia sudah makan sarapan sebelum aku datang) (Participle sebagai bagian dari kata kerja gabungan dalam Past perfect)
  • The book was written by a famous author. (Buku itu ditulis oleh seorang penulis terkenal) (Participle sebagai bagian dari kalimat pasif)

Dalam bahasa Inggris, verb memiliki banyak aturan dan pola penggunaan yang perlu dipelajari agar bisa digunakan dengan benar dalam sebuah kalimat. Oleh karena itu, pemahaman yang baik tentang verb sangat penting dalam belajar bahasa Inggris.

Jika Kamu ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu dalam waktu yang singkat, pertimbangkanlah untuk mengikuti program belajar bahasa Inggris intensif di Kampung Inggris Pare dimana kamu bisa memilih durasi belajar sesuai dengan target dan jangka waktu yang dipunyai, mulai dari 2 Minggu, 1 Bulan, 2 bulan, hingga 3 Bulan. Namun, jika kamu ingin merasakan suasana belajar yang praktis sekaligus efisien, bergabunglah dengan kelas online bahasa Inggris private, ada beberapa pilihan kelas online yang secara khusus dirancang untuk bikin Kamu cas-cis-cus bahasa Inggris tanpa menganggu kesibukanmu; kelas online Speaking, Grammar, TOEFL dan ada juga kelas online bahasa Inggris khusus untuk anak-anak yaitu English for Kid

bahasa Inggris

#SemuaBisaBahasaInggris

×

Keranjang belanja

Tidak ada Item di Pilihan Kelas.

Yuk, Pilih Kelas
bahasa resmi di banyak negara dan menjadi bahasa internasional untuk komunikasi di bidang bisnis, pendidikan, teknologi, dan media.

bahasainggris.net

Selamat datang di bahasainggris.net. Kami siap bikin kamu CAS-CIS-CUS bahasa Inggris

Selamat datang, ada yang bisa Saya bantu

Kolom Pesanan