Kursus Online Bahasa Inggris No.1 di Indonesia
Beranda » Blog » Fakta Unik Bahasa Inggris

Fakta Unik Bahasa Inggris

Bahasa Inggris memanglah menjadi bahasa internasional yang paling banyak digunakan oleh di dunia. Tetapi, Apakah Kamu tahu bahwa ada beberapa fakta unik tentang bahasa Inggris yang tidak banyak diketahui orang. Pengen tahu? Berikut ini informasi mengenai fakta unik Bahasa Inggris yang bisa menambah pengetahuan Kamu:

Bahasa Inggris memanglah menjadi bahasa internasional yang paling banyak digunakan oleh di dunia. Tetapi, Apakah Kamu tahu bahwa ada beberapa fakta unik tentang bahasa Inggris yang tidak banyak diketahui orang.

Pengen tahu? Berikut ini informasi mengenai fakta unik Bahasa Inggris yang bisa menambah pengetahuan Kamu:

 

1. ‘I‘ adalah kata paling singkat dalam Bahasa Inggris

I‘ jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia bermakna ‘saya’, menjadi kata paling singkat atau paling pendek dalam Bahasa Inggris yang sering digunakan. Secara tidak langsung, hampir semua orang di dunia ini paham bahwa bahasa Inggris yang memiliki arti ‘saya”.

 

2. ‘I am‘ dan ‘I go‘ adalah kalimat lengkap terpendek dalam Bahasa Inggris

Jika ‘I’ adalah sebuah kata paling singkat, maka ‘I am‘ dan ‘I go‘ adalah kalimat lengkap terpendek yang ada dalam bahasa Inggris. Biasanya, kalimat ini digunakan untuk menjawab pertanyaan secara singkat.

 

3. Kata terpanjang berkaitan dengan penyakit paru-paru

Jika ‘I’ adalah kata terpendek, maka Pneumonoultramicroscopicsilicovolcanoconiosis (/ˌnjuːmənoʊˌʌltrəˌmaɪkrəˈskɒpɪkˌsɪlɪkoʊvɒlˌkeɪnoʊˌkoʊniˈoʊsɪs/) adalah kata terpanjang dalam Bahasa Inggris.

Kata ini digunakan sebagai sinonim untuk penyakit yang dikenal sebagai silikosis, yaitu suatu bentuk penyakit paru yang disebabkan oleh menghirup debu silika kristalindan ditandai dengan peradangan dan jaringan parut berupa lesi nodular di lobus atas paru-paru. Ini adalah jenis pneumokoniosis dan dikenal di Inggris sebagai paru-paru hitam.

Oxford Dictionaries mendefinisikannya sebagai “kata panjang buatan yang berarti penyakit paru-paru yang disebabkan oleh menghirup debu vulkanik yang sangat halus”

 

4. Kalimat ‘the quick brown fox jumps over the lazy dog‘ memiliki huruf lengkap dari A-Z’

Kalimat ini sering digunakan sebagai penampil contoh pilihan font pada perangkat gawai. Biasanya sering muncul pada di pengaturan font setiap display setting yang ada di smartphone, tablet maupun laptop.

 

5. Tounge twister tersulit adalah “Sixth sick sheik’s sixth sheep’s sick‘”

Tounge twister yang berarti pembelit lidah adalah rangkaian kata yang memiliki cara pengucapan yang mirip. Jika belum terbiasa, maka akan sulit untuk diucapkan apalagi dalam tempo yang cepat.

Namun, berlatih mengucapkan tongue twister secara terus menerus bisa membuatmu semakin terbiasa berbicara bahasa Inggris. Jika Kamu masih bingung dengan cara maupun metode belajarnya, ada beberapa Kelas Online Bahasa Inggris yang bisa Kamu ikuti seperti Kelas Speaking Intensive, Kelas Speaking Private, dan Kelas Speaker Super Exclusive agar kemampuan pronunciation kamu semakin mahir.

 

6. Kombinasi huruf -ough diucapkan dalam banyak cara

Kombinasi huruf -ough cukup umum ditemukan dalam Bahasa Inggris. Uniknya, cara pengucapan kombinasi huruf -ough ini ada sangat banyak. Coba cara pengucapan kata-kata seperti ‘rough’, ‘through’, ‘thorough’, ‘though’, ‘thought’, ‘plough’, ‘cough’, ‘hiccough’, dan ‘slough’. Semuanya diucapkan dengan cara yang berbeda, bukan?

 

7. Bahasa Inggris adalah bahasa resmi di udara

Apakah kamu tahu bahwa semua pilot harus mengidentifikasi diri mereka dalam Bahasa Inggris saat melakukan penerbangan internasional? Selain itu, para pengontrol lalu lintas udara di bandara internasional juga harus berkomunikasi dengan para pilot dalam Bahasa Inggris. Jadi, Bahasa Inggris adalah bahasa resmi di udara. Bahasa Inggris punya banyak fakta unik lainnya.

 

8. Shakespeare menciptakan lebih dari 1700 kata Bahasa Inggris

Shakespeare adalah salah satu tokoh penting yang membantu membentuk Bahasa Inggris. Lebih dari 1700 kata dalam Bahasa Inggris yang masih kita gunakan di jaman modern ini terinspirasi dari karyanya.

Shakespeare mengubah kata kerja menjadi kata sifat, kata benda menjadi kata kerja, menambahkan imbuhan pada berbagai kata, hingga menciptakan begitu banyak kata serta idiom. Beberapa kata ciptaan Shakespeare adalah ‘champion’, ‘torture’, ‘zany’, ‘worthless’, dll. Selain itu, Shakespeare juga menciptakan berbagai idiom seperti ‘love is blind’, ‘laughing stock’, dan masih banyak lagi.

 

9. Bahasa Inggris selalu berkembang

Bahasa Inggris modern sudah digunakan sejak abad ke-14 dan terus berkembang hingga saat ini. Perkembangan budaya menyebabkan munculnya berbagai kata baru, sehingga sampai saat ini, ada lebih dari 1 juta kata dalam Bahasa Inggris. Menurut The Global Language Monitor, rata-rata ada 536 kata baru dalam Bahasa Inggris setiap tahun.

So, Apakah kamu mengetahui fakta unik dan menarik lain tentang Bahasa Inggris?

Kamu mungkin menyukai

Tinggalkan komentar

Alamat email Kamu tidak akan dipublikasikan.

Pilihan Kelas

Belum ada Kelas di Pilihan Kelas Kamu.

Yuk, Pilih Kelas

bahasainggris.net

Selamat datang di bahasainggris.net. Kami siap bikin kamu CAS-CIS-CUS bahasa Inggris

Selamat datang, ada yang bisa Saya bantu

Lakukan Pendaftaran lewat WhatsApp

Silakan isi kolom dibawah ini untuk melakukan pendaftaran Kelas Online