Kursus Online Bahasa Inggris No.1 di Indonesia
Beranda » Blog » Cara Baru Belajar Bahasa Inggris Generasi Z

Cara Baru Belajar Bahasa Inggris Generasi Z

Bahasa Inggris sewajarnya sudah menjadi kemampuan yang wajib dikuasai oleh para Generasi-Z. Terutama bagi mereka yang berniat berkuliah atau berwisata ke luar negeri, bahasa Inggris tentu menjadi suatu hal wajib untuk dipelajari. Terlebih, tidak jarang terdapat tes bahasa Inggris untuk dapat memasuki perguruan tinggi di luar negeri. Berikut ini beberapa tips yang biasa dilakukan oleh Generasi-Z untuk belajar bahasa Inggris:

Bahasa Inggris sewajarnya sudah menjadi kemampuan yang wajib dikuasai oleh para Generasi-Z. Terutama bagi mereka yang berniat berkuliah atau berwisata ke luar negeri, bahasa Inggris tentu menjadi suatu hal wajib untuk dipelajari. Terlebih, tidak jarang terdapat tes bahasa Inggris untuk dapat memasuki perguruan tinggi di luar negeri. Berikut ini beberapa tips yang biasa dilakukan oleh Generasi-Z untuk belajar bahasa Inggris:

1. Percakapan Bahasa Inggris dengan Topik Sederhana

Membiasakan diri untuk melakukan percakapan ringan dalam bahasa Inggris seperti menanyakan nama, asal atau pertanyaan basi-basi lainnya untuk berkomunikasi dengan sesama mereka. Tidak jarang pula, menyapa artis luar negeri idola dengan ungkapan berbahasa Inggris.

 

2. Menghafal Kosa Kata Bahasa Inggris

Di dalam kamus banyak sekali kata – kata dalam bahasa Inggris beserta dengan pengertiannya, mulai dari abjad A sampai dengan Z. Buatlah 1-2 daftar kosa kata bahasa Inggris dalam sehari selama sebulan, dan dijamin pasti kemampuan bahasa Inggrismu akan meningkat pesat. Cara ini baik untuk melatih pemahaman dan komunikasi bahasa Inggris. Bisa juga dengan mendengarkan dan terjemahkan lirik lagu berbahasa Inggris yang sedang digemari saat ini, kemudian mencari artinya didalam kamus dan dipraktekkan didalam kehidupan sehari-hari.

 

3. Memahami Tenses Melalui Hiburan

Karena memahami tenses merupakan hal yang paling mendasar dalam kegiatan belajar bahasa Inggris, maka tidak aneh bila tenses berada di halaman atau bab pertama dalam buku belajar bahasa Inggris. Kebanyakan dari Generasi-Z mempelajari tenses secara otodidak dari apa yang biasa mereka saksikan atau perdengarkan, seperti yang ada di podcast atau film. Pola belajar seperti ini memang terkesan tidak terstruktur secara rapi, akan tetapi dalam kemampuan berkomunikasi berbahasa Inggris yang terpenting adalah hasil akhir, yaitu memahami apa yang sedang dibicarakan atau dibahas dalam bahasa Inggris.

 

4. Memiliki banyak Referensi dalam Bahasa Inggris

Tidak harus buku yang perlu Kamu baca, dongeng anak-anak dalam bahasa Inggris pun bisa menjadi referensi. Selain itu bertukar jenis bacaan bersama teman juga dapat dilakukan untuk menambah alternatif, hal ini pastinya membuat proses belajar bahasa Inggris menjadi lebih asyik dan bervariasi. Jarang sekali bagi seorang pemula untuk membaca buku karya Shakespeare atau novel dalam bahasa Inggris lainnya.

Selain itu, seringkali Generasi-Z meniru cara pengucapan bahkan aksen berbahasa Inggris dari apa yang mereka gemari. Semisal, mereka saat ini menggemari karya dari musisi rapper asal Amerika Serikat Eminem, maka secara tidak langsung mereka juga akan memiliki gaya berbicara seperti kebanyakan orang Amerika.

 

5. Punya Teman Native Speaker

Memanfaatkan sosial media untuk mencari teman native speaker adalah salah satu cara yang lazim digunakan oleh Generasi-Z. Selain bertujuan untuk mencari teman dari luar negeri, memiliki teman native speaker yang bisa membantu praktek bahasa Inggris. Lebih dari itu, seorang native speaker juga dapat membuat Generasi-Z belajar tidak hanya secara teori, namun juga secara budaya. Terkadang pula, para Generasi-Z menjadi agen promosi Indonesia di luar negeri.

 

6. Memanfaatkan Teknologi untuk Belajar Bahasa Inggris

Saat ini bertebaran aplikasi yang bisa membantu Generasi-Z untuk belajar bahasa Inggris. Tersedia beragam wujud dan fitur sesuai dengan yang mereka butuhkan. Akan tetapi, apabila mereka membutuhkan seorang mentor atau pengajar yang bisa mendampingi mereka secara intensif, biasanya mereka memilih Kelas Online Bahasa Inggris seperti yang disediakan oleh bahasainggris.net dimana mereka memiliki pilihan kelas sesuai dengan target dan tujuan yang diinginkan. Mau kelas reguler, private, atau super exclusive? semuanya sudah disiapkan bagi siapapun yang ingin bisa Cas-Cis-Cus bahasa Inggris dalam waktu singkat.

 

Kamu mungkin menyukai

Tinggalkan komentar

Alamat email Kamu tidak akan dipublikasikan.

Pilihan Kelas

Belum ada Kelas di Pilihan Kelas Kamu.

Yuk, Pilih Kelas

bahasainggris.net

Selamat datang di bahasainggris.net. Kami siap bikin kamu CAS-CIS-CUS bahasa Inggris

Selamat datang, ada yang bisa Saya bantu

Lakukan Pendaftaran lewat WhatsApp

Silakan isi kolom dibawah ini untuk melakukan pendaftaran Kelas Online