Mengapa Kamus Bahasa Inggris Saja Tidak Cukup?

October 18th, 2008

Mungkin beberapa dari kita pernah berpikir “Seharusnya untuk bisa bahasa inggris secara pasif saja, misalnya bisa membaca atau menulis bahasa inggris maka kamus lengkap dan tebal seharusnyalah sudak cukup.Atau walau membaca, menulis, menterjemahkan bahasa inggris prosesnya lambat, tetapi pasti akan bisa. Karena semua kata di kamus ada dan kita tinggal menterjemahkannya kata demi kata”. Tetapi kenyataannya tidak demikian. Kamus bahasa inggris indonesia atau kamus indonesia inggris saja, sangatlah tidak cukup. Mengapa?

Contohnya bahasa inggris “How are you?”, kita terjemahkan seperti kamus menjadi “Bagaimana kamu?”. Ternyata tidak tepat. Contoh yang lain “Apa Kabar?” kita terjemahkan “What News?”. Kan apa=what, news=kabar atau berita. Tidak tepat juga ya?. Contoh lainnya lagi bahasa inggris yang berbunyi “I put yellow book on black table” kita terjemahkan per kata menjadi “Saya letakkan kuning buku atas hitam meja”, ternyata tidak tepat juga.

Andai bahasa inggris ke bahasa indonesia atau sebaliknya tersebut cukup dengan menganti kata-katanya menjadi bahasa inggris, maka tentulah belajar bahasa inggris akan sama mudahnya seperti orang palembang belajar bahasa jawa ya? Jika hanya mengganti kata bahasa inggris menajdi bahasa indoenesia sudah cukup atau sebaliknya maka bahasa inggris itu akan sangat mudah dipelajari. Lalau mengapa faktnya menurut banyak orang bahasa inggris itu susah? Jawabnya adalah karena bahasa inggris ini mempunyai perbedaan struktur (susunan atau tatabahasa), bahasa inggris tidak serumpun dengan bahasa Indonesia. Karena itu ada aturan-aturan khusus, tidak cukup hanya dengan mengganti kata demi kata, sehingga untuk bisa bahasa inggris baik hanya sebagai bisa secara pasif saja Kamus Inggris Indonesia atau Kamus Indonesia Inggris tidaklah cukup.

Mungkin anda masih ingat waktu disekolah dulu kita diberikan pelajaran susunan kata gabung untuk bahasa Indonesia adalah DM (Diterangkan Menerangkan), sedangkan dalam bahasa inggris adalah kebalikannya yaitu MD (Menerangkan Diterangkan). Kata gabung adalah dua atau lebih kata yang digabung namun tetap mempunyai satu kesatuan arti dan bukan kalimat. Kalau kalimat, harus memenuhi unsur Subject Predikat dan Object. Nah, dalam hal kata gabung dalam bahasa inggris kita harus membaliknya. Sedangkan kata gabung itu hampir tak terhitung jumlahnya dan hampir tak terhitung seringnya kita mengucapkannya. Karena setiap kali kita harus menterjemahkannya kita harus membaliknya, maka akan sangat sulit jika kita tidak sering melakukannya, atau belum mengerti formulanya.

DM (Diterangkan Menerangkan) contohnya : Buku Kuning. Apa sih? Jawabnya buku. Buku yang bagaiaman? yang kuning. Sehingga buku adalah yang diterangkan (D), sedangkan kuning berfungi menerangkan buku tadi (M), karena itu disebut strukturnya DM tadi.

Sekarang apa itu MD (Menerangkan Diterangkan). Itulah bahasa inggris. Yellow Book. Yellow kan artinya kuning, menerangkan buku apa. Sedangkan Book ya buku yang diterangkan oleh Yellow. Susunannya Menerangkan dulu baru Diterangkan (MD).

Semua kata gabung dalam bahasa inggris mempunyai formula yang sama: new business, sweet girl, blackish white car, english language, dan sebagainya. Jika anda baru mengerti, maka mulai sekarang untuk kata gabung jangan pernah hanya menterjemahkannya langsung dari bahasa indonesia ke bahasa inggris atau sebaliknya hanya dengan mengganti kata-katanya saja, tetapi anda harus selalu membaliknya. Kamus bahasa Inggris atau Inggris Indonesia yang tebal saja tidak cukup.

Tentang kata gabung, kata benda, kata kerja, kalimat, kata sifat dan sebagainya dalam bahasa inggris dapat anda pelajari pada materi pelajaran bahasa inggris di website ini.

Pelajaran membolak-balik ini mudah, namun ini jugalah yang membuat banyak orang repot. Betul ya? Mungkin Anda ingin berpendapat?



Artikel Lainnya:

Perbendaharaan Kata Bagaikan Uang
Dalam belajar bahasa inggris, banyak orang mengatakan bahwa perbendaharaan kata atau bahasa inggrisnya VOCABULARY adalah bagian yang sulit, karena harus dihafalkan atau dibiasakan agar hafal...

Belajar Bahasa Inggris Gratis Ala Tarzan
Belajar bahasa inggris gratis Ala Tarzan bukan berarti pengalaman saya belajar dengan hewan-hewan atau pemain filem Tarzan ya. Tarzan adalah famili saya sekaligus seorang teman yang sangat...

Pentingnya Vocabulary (Perbendaharaan Kata)
Vocabulary atau Perbendaharaan Kata, maksud saya berapa banyak kata-kata bahasa inggris yang kita kuasai, tentu saja mencerminkan apakah kita benar-benar bisa berbahasa inggris atau bisa sedikit...

Bagian-Bagian Tata Bahasa Inggris
Seperti yang saya jelaskan pada topik Cara Belajar Bahasa Inggris, maka kunci utama agar bahasa inggris anda melekat kuat adalah dengan memahami dasar-dasarnya. Tanpa dasar-dasar tata bahasa inggris...

Cara Belajar Bahasa Inggris
Cara Belajar Bahasa Inggris itu bermacam-macam. Ada orang belajar bahasa inggris dengan membawa kamus bahasa inggris kemana-mana, ya hanya dibawa saja. Ada orang belajar bahasa inggris dengan mencoba...

«
»

Mengapa Kamus Bahasa Inggris Saja Tidak Cukup?
Bookmark and Share

  1. 10 Responses to “Mengapa Kamus Bahasa Inggris Saja Tidak Cukup?”

  2. By tety on Nov 1, 2008 | Reply

    Mmmmmmmm….. bner juga tuh

  3. By very on Dec 1, 2008 | Reply

    saya setuju sekali, karena saat ini yang kita alami dalam belajar bahasa inggris adalah struktur/tata bahasanya.

  4. By Ridho Ridharta on Dec 22, 2008 | Reply

    yes it betul banget.. gw se7

  5. By Charles on Jan 6, 2009 | Reply

    Memang memiliki kamus saja tidak cukup. Yang paling penting adalah memakai bahasa Inggris tiap hari.

  6. By Hadi on Feb 26, 2009 | Reply

    yupz..
    s7 juga tu bang…

  7. By agus on Apr 1, 2009 | Reply

    wow thanks buat tulisan2 gratisannya ya…
    ku jadi lebih smangat tuk mendalami b. inggris.. sukses slalu

  8. By Nanang on Jun 12, 2009 | Reply

    Thanks atas tulisannya.. Beberapa situs kamus inggris indonesia sekarang sudah bisa terjemah kalimat sekaligus. Meski masih agak aneh hasilnya tapi sudah cukup bagus.

  9. By bambang on Aug 24, 2009 | Reply

    Hi Charles
    You are right, having a dictionary is not enough, but we have to practice everyday. A dictionary in bookshelf is useless …..practice will make you perfect … so let’s start to practice .. don’t be affraid to make a mistake …. the important thing is that we can comunicate in english because language is comunication …..

  10. By bambang on Sep 29, 2009 | Reply

    Helloooooo ….. anybody here …..?

  11. By qorry mawlidia famela on Nov 10, 2009 | Reply

    KAMUS BAHASA INDONESIA ONLAI

Penghasilan 24 Jam
Foredi