Bisnis Internet Dan Bahasa Inggris

Wah, kalau Anda pandai bahasa inggris maka banyak peluang bisnis yang bisa Anda garap di internet ini, istilah kerennya bisnis online atau internet marketing. Bukan hanya bisnis internet yang terbuka lebih luas melainkan juga bisnis di darat, seperti jadi guru les bahasa inggris, atau bekerja lepas sebagai penterjemah, jadi guide, bahkan kerja di kantoran pun banyak yang mengisyaratkan harus bisa bahasa Inggris. Betul ya?

Misalnya Anda belum lancar bahasa inggris pun, tetaplah terbuka pasar yang luas untuk internet marketing di Indonesia. Toh ada ribuan peluang bisnis yang dapat kita garap tanpa melibatkan bahasa inggris sekalipun. Sekedar contoh, ada juga bisnis yang saya garap juga sama sekali tidak mengharuskan bahasa inggris, misalnya di AbeBagus.com

Saya sendiri kalau dibilang pandai bahasa Inggris sebenarnya belum juga, masih terus belajar kok. Tapi untuk sekedar menjalankan internet marketing sudah terasa kemampuan bahasa inggris saya sangat membantu. Cukup bahasa inggris pasif saja kok, lebih baik lagi kalau aktif.

Tentang bisnis paling sederhana dengan bahasa Inggris, saya certikan sedikit nih:

Waktu sekolah di SMA dulu (1988) saya telah mulai dapat cari duit dengan bahasa Inggris ini. Waktu itu kalo ke rumah sodara sambil memberikan pelajaran tambahan bahasa inggris ke ponakan-ponakan. Biasanya saya dikasih ongkos jalan untuk pulang ke tempat kos sekitar Rp5000, padahal waktu itu naik bis kota hanya Rp200, sampai dirumah kalau ganti bis 2 kali saja, berarti pulang pergi kan 4 kali naik bis, ongkosnya berarti hanya Rp800. Berarti untung Rp4200 dong ya. hahaha..

Saya nda pernah minta kok, sumpah bin swear!, sodara-sodara saya selalu ngasih sendiri, tanpa diminta, tanpa disindir, padahal waktu SMA uang saya pun banyak, buktinya bisa ngekos, hehe… Itulah bisnis denga bahasa inggris yang paling sederhana. Belakang saya tau apa artinya bahasa Inggris bahwa bisnis itu artinya “urusan”. Coba kita perhatikan orang bule bilang kalo lagi marah: “It is not your business”, artinya kan “itu bukan urusanmu”. Nah, business=urusan. Betul kan?

Sedangkan urusan itu kalau di-bahasa agama-kan bisa disebut silaturahmi, jadi setiap orang yang masih punya urusan, artinya masih hidup, pasti punya bisnis. Tentu saja setiap urusan tidak harus dibayar dengan uang, boleh dibayar dengan senyum, boleh dibayar dengan ucapan terimakasih, boleh dibayar dengan terciptanya persaudaraan atau hubungan yang lebih baik, pokoknya banyak deh.

Okelah, Anda pasti lebih tau dari saya tentang betapa enaknya jika pandai bahasa Inggris. Banyak peluang bisnis atau urusan yang bisa dimudahkan karena bahasa inggris.

Nah, dalam hubungannya dengan bisnis yang sebenarnya, bukan bisnis sederhana seperti yang saya kerjakan waktu SMA dulu, melainkan bisnis-bisnis internet global, maka ternyata ketrampilan bahasa inggris saja ternyata tidak cukup. Yang paling penting justru mindset atau sikap terhadap bisnis itu sendiri. Dengan memiliki mindset yang dahsyat tentang bisnis maka hal-hal lainnya menjadi lebih mudah. Bahkan seseorang yang tak pandai bahasa inggris pun bisa mengerjakan bisnis yang harus berbahasa inggris, karena dia bisa bekerjasama dengan orang lain yang bisa, atau menyewa penterjemah dan sebagainya lah ya.

Selain mindset yang harus mantab, dalam bisnis online atau internet marketing juga diperlukan kemampuan menggunakan tools (peralatan) mulai dari mengatur file-file di komputer pribadi anda sendiri, mengorganize email, membuat website, menggunakan autoresponder (mesin penjawab dan follow-up yang bekerja otomatis), dan banyak lagi.

Dan yang lebih penting lagi dalam bisnis internet adalah ILMU PEMASARAN itu sendiri. Kalau produk, bisa saja Anda menjual produk orang lain, tidak harus produk sendiri, toh nanti tetap dapat komisi. Seseorang yang sudah pandai internet marketing sudah pasti bisa menjual “Apa saja” di internet ini. Mulai dari sekedar menjual pulsa, ebooks, website script sampai menjual property, barang elektronik, online tutorial, kursus bahasa inggris online. Ada banyak jenis dan cara menjual di internet.

Ketrampilan diatas, yang meliputi MINDSET (Sikap), menggunakan tools, serta bagaimana menjadi internet marketer yang tangguh biasanya tak cukup hanya dengan membeli buku panduan. Belajar yang paling mungkin untuk berhasil adalah belajar pada pakarnya, pada ahlinya, pada praktisinya yang telah terbukti berhasil. Perlu juga berada di dalam “lingkungannya” lingkungan orang-orang yang saling membantu dan berbagi seputar internet marketing tentunya.

Oya, finally tentang bisnis yang tadi saya sebutkan diatas, yang tidak melibatkan bahasa inggris, ada saya sediakan web support yang sangat lengkap untuk membantu Anda memulai, tumbuh dan berkembang. Alamat websitenya ada disini: AbeBagus.com

Pastikan Anda bergabung, bisnis tersebut sangat cemerlang. Step by step cara bergabung, apa saja isyarat suksesnya dan sebagainya ada lengkap ya saya uraikan di sana.

Best Regards
Mufli
Address: Merak 6/44 Rewwin Sidoarjo



Artikel Lainnya:

Countable Nouns dan Uncountable Nouns
Kata benda atau Nouns dalam bahasa inggris (sebenarnya juga dalam bahasa Indonesia), ditinjau dari bisa tidaknya dihitung, dapat dibagi menjadi 2 golongan besar. Yaitu Countable Nouns (kata benda...

Katakan Saja Bahasa Inggris Itu Mudah
Salah satu cara yang paling mudah dilakukan untuk benar-benar bisa bahasa inggris adalah dengan mengatakan "Bahasa Inggris itu Mudah!". Mudah ya mengatakannya? Ya iya lah memang mudah, apa susahnya...

NOUNS atau Kata Benda
Kata benda atau dalam bahasa inggris disebut NOUNS adalah semua kata yang menunjukkan benda. Mengapa sih belajar bahasa inggris harus tahu kata benda segala? tidak langsung saja belajar berbicara,...

Lancar Bahasa Inggris Setelah Lihat Mata Dan Bibir
Waku saya pertama kali kerja di restoran yang ada bar di pinggir swimming pool Bali dulu, bahasa inggris saya cepat sekali menjadi lebih lancar hanya dalam seminggu. Di hari pertama, saya hampir...

Bahasa Inggris Sering Dianggap Sulit, Why?
Bahasa inggris itu termasuk pelajaran yang di anggap sulit oleh banyak orang karena bahasa inggris mempunyai struktur yang berbeda dengan bahasa Indonesia dan tidak serumpun. Sehingga kita tak cukup...

Penghasilan 24 Jam
Foredi