Countable Nouns dan Uncountable Nouns

Kata benda atau Nouns dalam bahasa inggris (sebenarnya juga dalam bahasa Indonesia), ditinjau dari bisa tidaknya dihitung, dapat dibagi menjadi 2 golongan besar. Yaitu Countable Nouns (kata benda yang bisa dihitung) dan UnCountable Nouns (kata benda yang tidak dapat dihitung).

Memang topik ini sangat sepele, namun perlu kita pelajari dalam bahasa inggris, karena banyak orang yang keliru atau tidak tau kapan harus bilang “book” atau “books” misalnya. Pengetahuan tentang topik countable nouns dan uncountable nouns ini akan membuat Anda lebih pede berbahasa inggris.

COUNTABLE NOUNS:

Pertama COUNTABLE NOUNS, atau kata benda yang dapat dihitung. Contohnya adalah: book, computer, car, dan sebagainya.

Nah, dalam bahasa inggris ada perbedaan jika kita ingin mengatakan satu buku dengan dua buku. Kalau satu buku = a book, sedangkan dua buku two books, lihat book nya ditambah huruf s menjadi books.

SINGULAR dan PLURAL NOUNS:

Dalam pelajaran bahasa inggris disekolah dulu (sekarang saya sudah lulus, hehe..) ada pembagian lagi untuk countable nouns ini yaitu Singular Nouns dan Plural Nouns. Singular artinya tunggal sedangkan Plural artinya jamak atau lebih dari satu.

Biasanya, dari kata benda tunggal menjadi jamak ditambah s atau es. Contoh: book menjadi books, tomato menjadi tomatoes. Kok ndak tomatos ya? haha.. Itulah yang membuat banyak orang mengatakan bahasa inggris itu sulit. Adalagi malah yang tidak beraturan misalnya man menjadi men. Kacau deh!. Anda mungkin telah membaca tulisan saya tentang bahasa inggris sulit? Jika belum silahkan baca judul ini: Bahasa Inggris Sering Dianggap Sulit, Why?

Banyak buku tatabahasa inggris yang berisi tabel tentang cara penambahan s atau es ini, sebenarnya ada kreteria atau rumus yang dapat diikuti, misalnya untuk kata yang berakhir dengan LY atau RY maka diganti menjadi ies, contohnya: baby menjadi babies, lady menjadi ladies, fly menjadi flies, dan sebagainya.

Saran saya anda sebaiknya beli buku tentang Tatabahasa Inggris, banyak yang lengkap sekali dengan contoh-contoh dan tabel-tabel yang memuat singular dan plural nouns ini.

Nah, dalam hubungannya nanti dengan TO BE (is, am, are) nanti juga beda untuk singular nouns dan plural nouns. Nanti tentang TO BE akan saya tuliskan lebih lengkap. Ini contoh singkat saja:

This is a book (singular atau tunggal)
These are two books (plural atau jamak)

Anda lihat pebedaannya di is atau are juga (tobe).

UNCOUNTABLE NOUNS

Uncountable Nouns adalah kata benda yang tak dapat dihitung. Itulah pelajaran yang saya dapatkan waktu bahasa inggris dulu. Maksudnya tidak bisa dikatakan satu atau dua.

Misalnya: air (water), honey (madu). Ngga bisa a water (satu air), ngga bisa two honey (dua madu), dan sebagainya.

Sebenarnya sih tetap dapat dihitung juga kalau misalnya dicangkirin dulu, menjadi a cup of water.

Biasanya bentuk yang digunakan untuk uncountable nouns ini adalah: a …. of …. seperti tadi a cup of water, atau a bottle of water. Tidak boleh a water, ok?

Tentu saja karena uncountable nouns adalah kata benda yang tidak dapat dihitung maka tidak boleh ditambah s atau es seperti countable nouns tadi. Tidak ada waterS (ini salah). Tapi kalau three cups of water (tiga cangkir air) bisa.

Untuk menyatakan banyak, biasanya menggunakan kata-kata seperti SOME, MUCH, LITTLE. Contoh: I want some water, I dont have much time.

Ok, sekian saja pelajaran bahasa inggris yang berhubungan dengan Countable dan UnCountable Nouns ini, untuk lebih lengkap tentang berbagai contoh kata-katanya serta rumus-rumusnya Anda saya sarankan beli buku english grammar (tatabahasa inggris).

Dengan pengetahuan dasar ini, anda bisa membedakan kapan pakai s kapan pakai es dan kapan tidak. Tapi jangan jadikan kerumitan bahasa inggris ini justru halangan untuk Anda bisa bahasa Inggris, pelajari saja dengan step-by-step (selangkah demi selangkah) dan lebih banyak praktek.

Mungkin Anda belum membaca cara jitu belajar bahasa inggris yang satu ini? Belajar Bahasa Inggris Gratis Ala Tarzan (klik untuk membacanya).

Semoga bahasa inggris Anda membuat Anda semakin pede. Plus biasanya orang yang pandai bahasa inggris lebih mudah untuk mencari penghasilan tambahan juga lewat internet ini, hehehe..

Sekali waktu simak web saya tentang Belajar Internet Marketing di http://belajar-bisnis.com. Kalau Anda pandai bahasa Inggris maka Internet marketing adalah dunia yang sangat cemerlang :)

Thanks ya.

Best Regards
Mufli



Artikel Lainnya:

Katakan Saja Bahasa Inggris Itu Mudah
Salah satu cara yang paling mudah dilakukan untuk benar-benar bisa bahasa inggris adalah dengan mengatakan "Bahasa Inggris itu Mudah!". Mudah ya mengatakannya? Ya iya lah memang mudah, apa susahnya...

NOUNS atau Kata Benda
Kata benda atau dalam bahasa inggris disebut NOUNS adalah semua kata yang menunjukkan benda. Mengapa sih belajar bahasa inggris harus tahu kata benda segala? tidak langsung saja belajar berbicara,...

Lancar Bahasa Inggris Setelah Lihat Mata Dan Bibir
Waku saya pertama kali kerja di restoran yang ada bar di pinggir swimming pool Bali dulu, bahasa inggris saya cepat sekali menjadi lebih lancar hanya dalam seminggu. Di hari pertama, saya hampir...

Bahasa Inggris Sering Dianggap Sulit, Why?
Bahasa inggris itu termasuk pelajaran yang di anggap sulit oleh banyak orang karena bahasa inggris mempunyai struktur yang berbeda dengan bahasa Indonesia dan tidak serumpun. Sehingga kita tak cukup...

Perbedaan Kata dan Kalimat
Dengan memahami perbedaan "kata" dan "kalimat" secara umum dalam bahasa Indonesia, maka kemampuan kita untuk menyerap pelajaran-pelajaran bahasa inggris dipastikan akan meningkat tajam. Karena...

Penghasilan 24 Jam
Foredi